Info Harga dan Ciri-ciri Kambing Boer Fullblood Asli [Lengkap]

Mengetahui ciri-ciri kambing Boer fullblood asli sangatlah penting. Boer merupakan salah satu kambing pedaging yang terkenal berstandar internasional. Jenis kambing ini tidak hanya terkenal di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Ia juga dikenal sebagai kambing raksasa.
Kambing Boer Kambing Boer merupakan hewan endemik yang berasal dari Afrika Selatan, meskipun kini populasinya sudah menyebar ke seluruh dunia. Khususnya di peternakan modern seperti Australia. Di sana, ras kambing darah utuh telah dipelihara dengan cermat, dicatat dan didokumentasikan, dan tentu saja rantai kambingnya tetap terjaga dengan baik.
Sebelum melangkah lebih jauh Tahukah anda apa itu kambing berdarah murni? Kambing fullblood merupakan kambing yang darahnya hanya 100% murni, artinya tidak dikawinkan dengan kambing ras lain.
Jadi, kambing Boer fullblood artinya dalam catatan sejarah kambing tersebut hanya ada Boer saja. Mereka bukan merupakan campuran kambing non-Boer (non-Boer). Hal ini dapat dibuktikan dengan mencermati ciri-ciri berikut ini.

Ciri-ciri Kambing Boer Fullblood Asli

Kekhawatiran Anda sangat kami hargai karena harga kambing Boer darah lengkap dan kambing Boer campuran berbeda. Fakta bahwa kita mengeluarkan anggaran puluhan dan jutaan untuk membeli Boer fullblood tetapi malah membeli kambing campuran jelas sangat mengecewakan.
Kambing Boer asli fullblood bisa mencapai 150 kilogram per ekor. Hal inilah yang menjadikan Boer sebagai kambing pedaging yang berstandar internasional. Pembelian kambing African Boer fullblood bisa dilakukan di peternakan modern yang sangat peduli dengan genetika nenek moyang kambing, misalnya dari Australia.
Namun ciri-ciri kambing Boer fullblood berdasarkan pengalaman. Ini adalah ciri-ciri yang umum pada Boer Afrika murni berdarah murni. Semakin sering Anda melihat kambing full blood, maka akan semakin mudah untuk menentukan mana yang full blood dan mana yang bukan.
1. Memiliki Garis Putih Vertikal di Kepala
Ciri-ciri kambing Boer fullblood dapat anda lihat dengan melihat bagian kepalanya. Ia memiliki garis vertikal putih yang membentang dari hidung hingga dahi. Meskipun ada Boer berdarah murni dengan ciri ini, sebagian besar berkulit putih dengan tanda putih di bagian depan wajahnya.
Jika Anda melihat Boer berdarah murni yang tidak memiliki garis putih vertikal, atau tanda putih di bagian atas kepala. Jangan langsung berasumsi bahwa mereka bukan fullblood, karena ada Boer fullblood yang kepalanya seluruhnya berwarna coklat/merah. Ada juga Boer fullblood yang memiliki tubuh lengkap berwarna coklat/merah dan tidak ada warna putih sama sekali.
Garis-garis putih vertikal pada muka kepala kambing Boer merupakan ciri khasnya. Sedangkan jika terdapat bercak putih, atau seluruh tubuh berwarna merah atau coklat dan bengkak, hal ini disebut kelainan bawaan. Meski begitu, semuanya punya Boer berdarah murni.
2. Tanduk Kepala Sedikit Melengkung ke Belakang
Sedangkan untuk tanduknya, ciri-ciri kambing Boer fullblood antara lain tanduknya melengkung ke belakang. Ukurannya memang tidak sebesar domba Garut, namun juga tidak sekecil kambing jawa. Jika Anda menemukan kambing kacang, tanduknya terangkat atau ternoda. Tanduk kambing Boer beristirahat dan tidak menimbulkan sengatan.
Pada usia penyapihan, tanduk boer sudah mulai terlihat. Dengan berkembangnya tanduk ini membesar dan memanjang ke arah punggung bawah. Karena fokus kambing Boer adalah daging, maka hal tersebut bukanlah sesuatu yang dianggap penting secara nutrisi. Oleh karena itu, jumlah culanya tidak banyak.
3. Badan Berbulu Putih Bersih dan Pendek
Kambing Boer Afrika memiliki bulu yang sangat pendek sejak dahulu kala. Hampir seluruh tubuh manusia, kaki dan punggung berwarna putih bersih. Hanya bagian kepalanya yang memiliki corak coklat, merah, atau hitam dengan semburat putih di bagian depan.
Mantel yang sangat kecil ini membantu menentukan Boer mana yang benar-benar kurus atau gemuk. Lalu ada kambing Gembrong yang merupakan kambing berbulu lebat yang berasal dari Pulau Bali bagian timur. Untuk kambing Gembrong yang penting adalah harus memegang badan kambing untuk mengetahui apakah kambing tersebut gemuk atau tidak.
Berbeda dengan Boer yang bisa langsung terlihat dengan melihatnya. Apalagi jika kambing Boer sudah mencapai usia dewasa dan ukurannya akan mengejutkan penontonnya, karena semuanya berupa daging. Untuk menghasilkan kambing Boer yang sehat dan gemuk harus didukung dengan perawatan yang maksimal, terutama pakannya.
4. Ciri-ciri Kambing Boer Darah Penuh yang Hidungnya Cembung
Selain kepala berwarna coklat dengan corak putih, badan hitam dengan corak putih dan bulu putih. Jika Anda jeli dan bisa melihat moncongnya. Kambing Boer Full Blood asli mempunyai hidung yang lebih cembung dan lebar. Semakin lebar dan cembung moncongnya maka semakin cantik pula kambing Boer tersebut.
Meski usianya masih bayi baru lahir, moncong dan hidungnya tampak berbeda. Sedikit lebih lama dan lebih gelap. Jika Anda terbiasa melihat kambing secara alami, pasti sudah familiar dengan hal ini. Dapatkan kambing Boer darah lengkap 100% asli di GibasBarokah.com.
5. Telinga Kambing Boer Darah Penuh Menggantung Panjang
Lain halnya dengan kambing jawa yang telinganyaboer fullblood Kambing boer juga panjang dan rebah. Telinga mempunyai warna yang sama dengan kepala, biasanya warnanya hitam, merah atau coklat. Ciri-ciri kambing Boer fullblood ini saja belum cukup, karena banyak sekali ras kambing yang memiliki kesamaan telinga.
6. Kambing Boer Darah Penuh Kaki Pendek
Kaki yang pendek menggambarkan kambing Boer fullblood dengan cukup jelas. Tubuhnya panjang, tetapi kakinya pendek. Bagaimana cara mereka mendapatkannya? Kambing Boer mempunyai badan yang seragam, badan yang besar, dan leher yang panjang. Semakin besar dan panjang leher kambing Boer, tandanya kambing tersebut sehat dan berkualitas.
7. Postur Tubuh Kekar, Panjang, dan Gemuk
Meski kakinya pendek dan badannya super berisi, kambing Boer dewasa bisa mencapai tinggi lebih dari 80 sentimeter. Ya, kambing Boer memiliki berat hingga 150 kilogram karena semuanya penuh dengan daging.
Badan yang lurus, kekar, panjang, serta bulu yang pendek dan gemuk merupakan satuan yang menjadi ciri khas kambing Boer fullblood. Oleh karena itu, kambing dikenal sebagai daging kualitas terbaik internasional.
8. Memiliki sertifikat yang menunjukkan Ras Kambing Fullblood
Meski baru mengenal dan kesulitan membedakan antara kambing Boer Darah Penuh dan kambing Boer campuran, Anda tidak perlu resah atau bingung. Pasalnya, dengan biaya puluhan hingga jutaan untuk membeli kambing Boer dewasa, ia dilengkapi dengan sertifikasi yang membuktikan keaslian gen dan kejelasan induk rasnya.
Khususnya, jika Anda mengimpor Boer berdarah murni Afrika, maka kambing peternakan modern akan dikenal di seluruh dunia. Peternakan modern telah mendapatkan reputasi yang pantas atas peternakan mereka yang unggul di Australia.
Kambing Boer Afrika yang berasal dari peternakan modern Australia bersertifikat darah lengkap. Tentu saja hal ini menjadi jaminan bahwa kambing yang Anda peroleh bisa dibilang sehat. Mereka tidak cacat dan juga bebas penyakit, dan memiliki keunggulan penuh atas gen Boer tersebut.

Harga Kambing Boer Fullblood Afrika Impor

Berapa harga eceran kambing Boer Fullblood impor sebenarnya? Hal ini dipengaruhi oleh umur kambing, semakin tua maka semakin mahal pula harganya. Karena seiring berjalannya waktu, peternakan juga perlu memberikan perawatan dan pakan. Hal ini terkait dengan biaya operasional untuk menjamin kesehatan kambing.
Di website GibasBarokah.com, sebagai peternakan modern di Indonesia, harga kambing Boer kurang lebih 30 juta per ekor jika berumur 6-8 bulan. Sedangkan kambing Boer umur 1 sampai 1 tahun harganya 35 juta.
Kambing Boer darah lengkap dapat memberikan banyak manfaat bagi anda sebagai individu maupun sebagai peternakan. Jika bisa mendatangkan Boer fullblood dari GB Farm Ngawi. Anda akan mendapatkan kambing broiler kualitas internasional.
Tentu saja hal ini akan meningkatkan kualitas dan kuantitas kambing di peternakan Anda nantinya. Ini adalah pilihan yang berkelanjutan untuk masa depan. Kambing boer fullblood sebagai aset investasi jangka panjang untuk peternakan unggul.
Jika Anda tertarik dengan peternakan cocok untuk membeli kambing Boer darah lengkap. Ini adalah langkah yang sangat cerdas karena memungkinkan pertanian tumbuh ke arah yang berbeda.
#hargakambingboer #kambingboerfullblood #kambingboerafrika #africanboergoat #boergoatfullblood #hargakambingoerjantan #kambingboeraustralia