Lokasi Air Terjun Ulu Petanu beserta Beragam Daya Tariknya

Mungkin sebagian orang masih ada yang belum tahu Air Terjun Ulu Petanu. Tidak heran karena memang destinasi wisata di Bali satu ini lokasinya terbilang cukup tersembunyi. Walaupun demikian, sebagian orang menjadikan tempat ini sebagai tempat liburan favoritnya.

Dengan salah satu alasan mempunyai pemandangan tampak indah. Air terjunnya dikelilingi oleh hutan lebat, sehingga tidak mengherankan bila pemandangannya tampak menakjubkan. Agar lebih tahu apa saja daya tariknya, simak uraian berikut.

Inilah Lokasi Air Terjun Ulu Petanu serta Rutenya

Lokasi tempat wisata ini ada di Manik Sawang, tepatnya Jalan Raya Bayad, Kedisan, wilayah Tegallalang, Gianyar, Bali. Durasi waktu yang diperlukan bila titik keberangkatan dari pusat Kota Denpasar sekitar 1 jam lebih 15 menit menggunakan kendaraan jenis roda dua.

Untuk rute ke Air Terjun Ulu Petanu, diawali dengan mengambil arah menuju Jalan Pulau Seram. Kemudian lanjutkan ke Jalan Diponegoro dengan jarak tempuh sekitar 1,2 km. Bila sudah, belok ke arah kiri menuju Jalan Udayana.

Sesudah melalui bundaran, lurus saja terus menuju arah Jalan Veteran. Kemudian belok ke kanan menuju arah Jalan Patimura dengan jarak tempuh sejauh 4,4 km. Setelah itu, belok kanan lagi ke arah Jalan By Pass Ngurah Rai.

Perjalanan bisa dilanjutkan menuju Jalan Pantai Saba dengan jarak sekitar 3,5 km, kemudian masuk Jalan Raya Tojan hingga 1,1 km. Belum selesai, kamu harus mengambil arah menuju Jalan Isma Udayana sekitar 5,4 km, kemudian belok kanan ke arah Jalan Raya Bedulu hingga 13 km.

Sekarang kamu sudah sampai lokasi dan Air Terjun Ulu Petanu letaknya ada di sebelah kanan jalan. Bila rute tersebut masih belum bisa dipahami karena kamu masih asing dengan jalan yang ada, bisa memanfaatkan aplikasi Maps.

Hanya saja memang ketika menggunakan aplikasi Maps, koneksi internet harus selalu dipastikan stabil agar informasi rute yang disajikan tepat. Solusi lainnya adalah menggunakan layanan sewa mobil Bali yang sekaligus menyediakan supir profesional.

Jadi, nantinya kamu hanya tinggal naik mobil saja tanpa khawatir mengalami risiko salah rute. Selain itu, selama perjalanan juga bisa istirahat dan tidak terlalu lelah karena harus menyetir.

Fasilitas Tersedia dan Harga Tiket Masuk

Air Terjun Ulu Petanu memang lokasinya tersembunyi, tapi memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Beberapa fasilitas umum tersedia ada toilet umum, area parkir kendaraan roda empat dan dua yang luas dan warung makan.

Ada juga pondok atau gazebo sebagai tempat untuk beristirahat. Para pengunjung yang datang akan dikenakan biaya tiket masuk per orang Rp20.000. Dengan keindahan pemandangan yang diberikan, tarif tersebut termasuk masih terjangkau.

Beragam Daya Tarik yang Dimilikinya

Bila dibandingkan destinasi wisata di Bali lainnya, tempat ini memang belum sepopuler itu. Tapi, tidak sedikit juga wisatawan yang datang berkunjung, apalagi saat musim liburan. Sebab, tempat wisata satu ini mempunyai beragam daya tarik, diantaranya:

1.     Air Terjunnya Jernih

Daya tarik utamanya yaitu Air Terjun Ulu Petanu jernih. Keindahan airnya yang jatuh sangat jernih, dingin dan segar disertai suara gemuruh menenangkan memiliki daya tarik tersendiri.

Apalagi bagi yang sedang dalam kondisi stress, melihat pemandangan dan suara alam seperti demikian bisa memberikan perasaan rileks. Ditambah lagi pemandangan sekelilingnya yang hijau karena banyak tumbuh-tumbuhan semakin memanjakan mata.

2.     Bisa Digunakan untuk Berenang

Air terjunnya bisa pengunjung gunakan untuk berenang atau sekadar berendam sepuasnya. Akan memberikan pengalaman menyenangkan tersendiri tentunya ketika bisa berenang di tempat ini ditemani dengan pemandangan hijau indah disekitarnya.

Ingin berenang, berendam atau sekadar bermain air saja di Air Terjun Ulu Petanu, penting untuk selalu berhati-hati. Sebab, debit airnya termasuk sangat deras. Bila memang ingin berenang, sebaiknya ketika debit airnya tidak terlalu deras.

Untuk memastikan debit air ini, tanyakan kepada penduduk lokal atau pengelolanya apakah aman untuk berenang. Bila mereka mengatakan tidak aman, sebaiknya jangan lakukan karena terlalu berisiko dan berpotensi besar menimbulkan kecelakaan.

3.     Banyak Spot Foto Menarik

Daya tarik lainnya dari destinasi wisata di Bali satu ini adalah banyak spot foto menarik. Sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang suka fotografi dengan spot tema alam. Sebenarnya hunting foto tidak harus dilakukan oleh pencinta dunia fotografi.

Di era sosial media seperti sekarang, orang yang bukan pencinta dunia fotografi juga gemar berfoto. Sebagian dari mereka berfoto di Air Terjun Ulu Petanu dengan tujuan ingin menjadikannya sebagai bahan untuk bisa diunggah ke sosial media.

Apapun tujuan utama berfoto, kembali ke preferensi masing-masing dan tidak menjadi masalah. Kamu bisa mencoba berfoto dengan latar belakang batu-batu sekitar, pepohonan rindang, bawah air terjunnya, saat berenang dan masih banyak lagi.

4.     Udara Segar dan Sejuk

Tempat wisata ini lokasinya ada di daerah pedesaan yang membuat udara sekitarnya segar dan sejuk. Walaupun banyak pengunjung yang datang, tidak membuat suasananya berubah. Suasanya tetap terasa sejuk, asri serta nyaman.

Inilah yang membuat Air Terjun Ulu Petanu cocok dijadikan tempat untuk menghilangkan penat sebelum kembali ke rutinitas bekerja. Tidak bisa dipungkiri bahwa suasana menyejukkan sangat berpengaruh terhadap perasaan menjadi lebih tenang dan tenteram.

5.     Penduduk Lokal Ramah

Daya tarik terakhir yang dimiliki adalah penduduk lokal sekitar tempat wisata alam satu ini ramah. Jadi, bisa bertanya-tanya tentang destinasi tersebut secara langsung tanpa harus khawatir memperoleh respons buruk.

Bahkan juga bisa bertanya-tanya mengenai destinasi wisata menarik lainnya di Bali yang rekomended untuk dikunjungi. Atau bertanya mengenai rekomendasi makanan dan minuman khas di Bali halal maupun non-halal.

 

Ingin ke destinasi wisata alam di Bali satu ini tapi tidak memiliki kendaraan pribadi? Sewa saja mobil di tempat kami. Kami akan memberikan mobil dengan kualitas terjamin, sehingga perjalanan kamu menuju Air Terjun Ulu Petanu nantinya bisa berjalan lancar dan minim kendala.